Ditsamapta Polda Sumbar Semprot 56 Ribu Liter Disinfektan

Jalan Utama Kota Padang Disasar Cegah Corona

Padang, Rakyat Sumbar– Upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) terus dilakukan. Salah satu caranya menyemprotkan cairan disinpektan oleh tim gabungan di sepanjang jalan utama Kota Padang, Senin (23/3) siang.

Pantauan Rakyat Sumbar di lapangan, tim gabungan terdiri dari Ditsamapta Bhayangkara Polda Sumbar, Biddokkes Polda Sumbar, Satbrimob Polda Sumbar, Korem 032 Wirabraja, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, BPBD Kota Padang, Satpol PP Kota Padang, bergerak dari Mapolda sekitar pukul 12.00.

Keluar dari Mapolda Sumbar di jalan Jenderal Sudirman, mobil rombongan dengan personel sekitar 100 orang dipimpin Kasi Turjawali Kompol Sigit Saputra, Kasi Pasdal Kompol John Priyono, dan Danramil Kototangah Kapten Septianis, menuju jalan Rasuna Said, Chatib Sulaiman, Prof. Hamka, Adinegoro.

Dari jalan Adinegoro menuju jalan S. Parman, kawasan Gor. H. Agus Salim, lalu ke jalan Ahmad Yani, Olo Ladang, kawasan Pantai Padang, dan kembali ke Mapolda, dan berakhir pukup 14.00.

Dua mobil Damkar dan satu mobil Amored Water Canon (AWC) Ditsamapta Polda Sumbar pada rute yang dilalui menyemprotkan cairan disinpektan yang sudah direkomendasi Dinas Kesehatan.

Polisi juga menyampaikan imbaun kepada warga Kota Padang, supaya bersama-sama menjaga kebersihan Kota Padang, tidak menimbun sembako, masker dan hand sanitizer, sebab alat tersebut sangat dibutuhkan warga Kota Padang.

Foto: Kasi Turjawali Ditsamapta Bhayangkara Polda Sumbar, Kompol Sigit Saputra, megimbau masyarakat terkait antisipasi Corona. (HANDIYANUAR)


“Ini merupakan penyemprotan yang kedua oleh Ditsamapta. Namun, kali ini kita menggandeng instansi lain,” kata Direktur Samapta Bhayangkara Polda Sumbar Kombes Pol Tafianto Eko Atmojo, di Mapolda, kemarin siang di Mapolda.

Ia melanjutkan, pada penyemprotan tersebut disemprotkan sebanyak 40 liter cairan disinpektan. Khusus dari mobil AWC Ditsamapta Polda Sumbar sebanyak 8 ribu liter, selebihnya dari Damkar.

“Penyemprotan pertama sebanyak 16 ribu liter, tetapi penyemprotan kedua sebanyak 40 ribu disinpektan. Totalnya, 56 ribu liter disinpektan sudah disemprotkan di jalan raya. Cairan disinpektan ini  sudah direkomendasi dari Dinas Kesehatan,” ujar Tafianto.

Ia menyampaikan, penyebaran virus Covid 19 tidak mengenal usia, jenis kelamin, semua akan menyerang apabila tidak menjaga kesehatan. Oleh karena itu harus menjaga kesehatan.

“Kita minta masyarakat Sumbar tidak berkumpul di tempat tempat keramaian. Mari sama-sama kita dukung upaya pemerintah dalam penanganan virus Corona ini,” ungkap Tafianto.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar mengatakan, kepolisian melakukan Operasi Aman Nusa II selama 30 hari, dimulai 19 Maret 2020 hingga 17 April 2020.  Total personel yang dilibatkan sebanyak 646 orang.

“Polda Sumbar berkoordinasi dengan BNPB, TNI, dan pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka penanganan Covid-19 diseluruh wilayah NKRI dengan mengedepankan langkah pencegahan penanggulangan serta penegakan hukum,” ungkap Satake.(byr)


Foto utama:  Mobil AWC Ditsamapta Polda Sumbar dan mobil Damkar menyemprotkan disinpektan di jalan Chatib Sulaiman. (HANDIYANUAR)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *