Gaungkan Keterbukaan Informasi, Pengurus FJKIP Sumbar Dikukuhkan

Padang, Rakyat Sumbar– Bersamaan dengan pemberian Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Sumatera Barat Tahun 2019 dan Achievment Motivation Person Tahun 2019 oleh Komisi Informasi (KI) Sumbar, Jumat (6/12), anggota DPRD Sumbar H. M. Nurnas mengukuhkan kepengurusan Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJ-KIP) Sumbar.

FJ-KIP adalah wadah berhimpunnya beberapa wartawan (jurnalis) di Sumbar yang bersepakat untuk lebih menggaungkan keterbukaan informasi, baik ke badan publik maupun ke tengah-tengah masyarakat.

Di hadapan ratusan hadirin yang hadir di Kryad Hotel Padang, Ketua Dewan Pembina H.M. Nurnas mengukuhkan pengurus FJ-KIP Sumbar dengan Ketua, Revdi Iwan Syahputra (Pemred Harian Rakyat Sumbar), Sekretaris, Zondra Volta (Pemred scientia.com), Bendahara, Almudazir (Pemred mimbarsumbar.id), dan belasan pengurus lainnya.

HM Nurnas dalam prosesi pengukuhan meminta kepada pengurus FJ-KIP Sumbar untuk bisa menjaga nama baik organisasi dan gerakan keterbukaan informasi publik untuk tetap berjalan sebagaimana mestinya. Oleh pengurus dijawab siap untuk menjaga marwah dan gerakan keterbukaan informasi di Sumbar.
Kemudian HM Nurnas memberikan bendera pataka kepada Ketua FJ-KIP Sumbar Revdi “Ope” Iwan Syahputra untuk dikibarkan. “Semoga bisa menjalankan tugas-tugas dengan baik, dan menjadi mitra kerja Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumbar, di dalam menggelorakan semangat keterbukaan informasi publik ke tengah-tengah masyarakat sesuai dengan amanat UU No 14 Tahun 2008,” ujar HM Nurnas.

Sementara Ketua KI Sumbar Adrian Tuswandi, menyatakan wadah jurnalis FJ-KIP yang khusus untuk keterbukaan informasi publik ini pertama di Indonesia.

“Ini sebuah terobosan baru dimana media menjadi mitra Komisi Informasi dalam menjalankan fungsi kontrol dan memperkuat keterbukaan informasi publik, baik ke badan publik maupun ke tengah-tengah masyarakat”, ujarnya. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *