Minggu Depan, Walikota Cup Padang Ditabuh: Kicau Mania Kumpul Satu Titik di Aia Pacah

Padang, Rakyat Sumbar– Ratusan kicau mania di Sumatera diprediksi bakal kumpul satu titik di gelaran pameran dan lomba burung berkicau bertajuk Walikota Cup Padang.Ajang yang bakal diikuti oleh gacoan terbaik Ranah Andalas itu digeber di eks terminal Bengkuang Aiapacah, Minggu (23/2).

Untuk burung yang dilombakan diantaranya Murai Batu, Kacer, Lovebird, Kapas Tembak, Cucak Hijau Polos dan kenari.

Lima kelas bakal dipertandingkan masing masing kelas Walikota, Wakil Walikota, Sekda, Bank Nagari dan Dispora Padang.

Sementara untuk insert, panitia mematok mulai Rp100 ribu hingga Rp500 ribu dengan los gantangan kelas Sekda Insert Rp100 ribu.

Pada pelaksanaan nanti, selain hadiah yang besar, Panpel juga menyediakan berbagai doorprize bagi peserta.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, gelaran burung berkicau bertujuan memberikan ruang bagi kicau mania di Sumatera, Sumbar khususnya untuk unjuk kebolehan burung rawatannya.

Selain itu juga sarana silaturahmi antara pemerintah kota dengan masyarakat penghobi burung berkicau.

“Kepada kicau mania dimana saja berada, saya mengajak mari ramaikan dan ikuti pameran dan lomba burung berkicau Walikota Cup Padang. Jaga sportivitas dan fair play dalam berkompetisi,” ujar Mahyeldi, kemarin.

Ia menilai, dunia burung berkicau bisa dijadikan industri jika dikelola dengan baik. Hal ini menurutnya mampu mengangkat perekonomian masyarakat.

“Bila dikelola dengan baik, hobi ini bisa mengangkat taraf perekonomian masyarakat. Mulai dari pemilik kios burung, peternak hingga para pembuat sangkar. Jika sudah ada penangkar, ke depan diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang menangkap burung di hutan, karena merusak ekosistem,” pungkasnya. (Arief Kamil)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *