Poin Penting

Kabau Sirah Permalukan Laskar Antasari 3 Gol Tanpa Balas

Padang, Rakyat Sumbar — Semen Padang berhasil menjaga asa untuk lolos dsri zona degradasi. Kabau Sirah sukses permalukan tuan rumah Barito Putra dengan skor 0-3 di Stadion Demang Lehman, Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Jumat (6/12) malam.

Kemenangan ini mendongkrak posisi Semen Padang 2 peringkat ke posisi 16 klasemen sementara dengan 31 poin. Kabau Sirah melewati pesaing terdekat Kalteng Putra yang pada waktu bersamaan digilas tamunya Madura United dengan skor 1-4 di stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya. Namun, posisi ini masih belum aman karena Perseru Badak Lampung yang mengoleksi 30 point di peringkat 17 masih berpeluang menggusur andai mampu menang kala menjamu Persija, Minggu (8/12) mendatang.

Sebagai tim tamu yang dituntut menang, Kabau Sirah langsung melakukan tekanan sejak menit awal. Belum genap 1 menit laga berjalan, anak asuh Eduardo Almeida langsung mendapatkan sepak pojok. Namun, peluang tersebut belum mampu dimaksimalkan.

Vandeley Fransico membuat tuan rumah tersentak dengan gol pembukanya pada menit ke 10. Striker asal Brasil ini memanfaatkan bola rebound hasil sepakan keras Karl Max Barthelemy yang diblok tidak sempurna oleh kiper Barito Putra, Aditya Harlan. Skor 0-1 untuk keunggulan tim tamu.

JANGKAU BOLA : Pemain Semen Padang Flavio Beck Junior berusaha menjangkau bola yang disaksikan dua rekannya Dedi Hartono (tengah) dan Karl Max Barthelemy (kanan). (foto : Media resmi Semen Padang FC)

Barito Putra bukan tanpa peluang. Berulang kali Fransisco Torres dan Rafael Silva mengancam gawang Kabau Sirah. Namun, Rendy Oscario yang didapuk menggantikan Teja Paku Alam di bawah mistar Semen Padang, mampu bermain lugas. Hingga babak pertama usai, kedudukan bertahan 0-1 untuk Semen Padang.

Memasuki babak kedua, gelombang serangan masih dilancarkan oleh Semen Padang. Namun, dua striker asing Karl Max Barthelemy dan Vanderley Fransicso tak mampu mengkonversi menjadi gol. Begitu pun di kubu Barito Putra, serangan demi serangannya selalu kandas oleh rapatnya barisan pertahan Semen Padang.

Menit ke-79, Vanderley Fransisco kembali mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari sodoran Dedi Hartono kepada Leo Guntara, anak muda bernomor punggung 15 ini langsung melakukan tusukan ke kotak penalti Barito Putra dan mengirimkan umpan lambung silang. Vanderley Fransisco muncul dari belakang dan menyundul bola tersebut. Skor 0-2 bagi Semen Padang sekaligus gol ke 7 striker asal Brasil selama membela Semen Padang.

Tak tanggung-tanggung, Semen Padang justru mengejutkan Barito Putra dengan gol ke 3 yang diciptakan oleh Flavio Beck Junior. Pemain pinjaman dari Bhayangkara FC ini memanfaatkan clearance yang tidak sempurna pemain Barito Putra dan melakukan placing ke sisi kiri gawang Aditya Harlan pada menit 84. Skor 0-3 bertahan untuk kemenangan Kabau Sirah hingga peluit panjang dibunyikan.

“Saya rasa kedua tim menampilkan permainan yang bagus. Tim lawan juga membuat laga ini menarik. Barito mencetak peluang namun tidak mencetak gol. Bedanya, kita bisa mencetak gol dan menang. Selamat untuk tim,” ujar Eduardo Almeida usai laga. (edo)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *