Polres Payakumbuh Peduli Penghijauan

Lestarikan Alam, Tanam Ratusan Pohon 

Payakumbuh, Rakyat Sumbar — Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, menanam ratusan pohon di Mapolres, Jumat (10/1) pagi. Gerakan menanam pohon ini merupakan salah satu program kepolisian terhadap lingkungan.

“Kegiatan penanaman pohon ini bentuk kepedulian Polri terhadap penghijauan dan lingkungan. Pada kesempatan itu telah ditanam sekitar 770 pohon, untuk melestarikan alam,” kata Dony, usai kegiatan.

Ia melanjutkan, selain dilaksanakan di Mapolres, penanaman pohon juga dilakukan di asrama polisi, Mapolsek, serta di lokasi jalan By Pass Payobasung, Payukumbuh.

“Kegiatan ini serentak dilaksanakan di Mako Polri di seluruh Indonesia. Aksi tanam pohon ini  berdasarkan perintah langsung Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz, melalui program Polri peduli penghijauan,” ucap Dony.

Masih kata Dony, jenis pohon yang ditanam adalah pohon-pohon yang memiliki kandungan oksigen, serta memiliki manfaat untuk masyarakat. Selain itu, penanaman pohon juga melibatkan Forkopimda.

“Pohon-pohon yang ditanam diantara pohon jambu, durian, mahoni, medang, bayur, surian, sirsak, nangka, durian, pokat, petai, jengkol, aren, anggur, stroberi, dan lainnya,” ujarnya.

Ia menyampaikan penanaman pohon ini untuk memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia. Kegiatan ini sekaligus mendukung program pemerintah untuk membudayakan cinta lingkungan.

Ia mengakhiri, selain untuk penghijauan, penanaman pohon ini juga membuat lingkungan jadi asri. Lingkungan yang lestari akan membuat masyarakat sekitar nyaman.

“Pohon-pohon yang telah ditanam akan dilakukan pengawasan, disiram setiap hari, diberi pupuk, serta pemeliharaan sampai tumbuh hijau dan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan hidup,” ungkap Dony. (byr)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *