TNI akan Buka Akses Jalan Tiga Kabupaten

Sijunjung, Rakyat Sumbar– Komando Distrik Militer (Kodim) 0310 Sawahlunto Sijunjung Dharmasraya (SSD) bersama masyarakat membuka jalan baru dalam kegiatan TNI Manunggal Membangum Desa (TMMD) ke-107 yang difokuskan di Kelurahan atau Nagari Langki Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung.

Cuaca hujan serta panas yang tak bisa ditebak, tidak menyurutkan langkah TNI dalam menjawab keluhan masyarakat empat jorong di Nagari nun yang jauh dari pusat kabupaten itu. Pembukaan jalan baru yang ditargetkan sepanjang 10,2 meter dengan lebaran 6 meter merupakan kegiatan TMMD ke-107.

“Kami sudah rindu dengan akses jalan pak, sudah lama kita merdeka tapi saat ini kemerdekaan itu kami rasakan,” kata Wali Nagari Langki Zulkarnain Monti Marajo, Sabtu 21/03.

Ia mengatakan, pembukaan jalan baru yang di rindukan oleh masyarakatnya sejak ratusan tahun lalu, oleh TNI manunggal TMMD saat ini, akan menghubungkan dua Nagari serta dua Kecamatan

“Jalan ini nantinya akan menghubungkan Nagari Lubuak Tarantang, Kecamatan Kamang baru serta menuju Alahan Panjang,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, pembukaan jalan baru oleh pihak TNI melalui TMMD Manunggal ke 107 ini, akan menghubungkan tiga kabupaten. Yakni, Sijunjung, Solok Selatan serta Dharmasraya.

“Dari sini, arah Selatanya kita cukup buka jalan baru sepanjang 12 kilometer, sudah tembus ke Kabupaten Dharmasraya, tepatnya di Nagari Lubuak karak,” jelasnya

Dirinya mengatakan, nagari dengan jumlah KK mencapai 616 itu, hidup dengan penuh keterbelakangan. Mulai dari jaringan internet hingga sarana transportasi.

“Kalau ada masyarakat yang sakit, maka hanya bisa digendong menuju polindes sejauh 10 kilometer, baru ada kendaraan,” ungkapnya sedih.

Dandim 0310 Letkol Inf Dwi Putranto, saat menarik mobil yang terjebak lumpur hingga tiga jam, tanpa ada bantuan.

Kodim 0310 SSD kepada awak media menyampaikan, dalam pembukaan jalan baru sepanjang 10,2 meter yang dilaksanakan oleh satgas TMMD sampai saat ini belum ada kendala yang cukup berat.

“Untuk kondisi lapangan Alhamdulillah bisa kita tembus, cuma hujan saja yang membuat sedikit melambat proses pembukaan jalan baru ini,” kata Letkol Inf Dwi Putranto, Sabtu 21/03.

Dirinya berharap, dengan pembukaan jalan baru dengan lebar 6 meter itu mampu membuka segala akses bagi nagari Langki. Baik disegi ekonomi, transportasi serta jaringan internet.

“Kita juga akan bangun beberapa jembatan dan gorong-gorong, kami akan hadir untuk masyarakat, dan berjuang bersama warga,”pungkasnya.(yy)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *