Rendy ke Timnas, Iqbal Masuk Starting

40

Achmad Iqbal Bachtiar

Padang, Rakyat Sumbar — Rendy Oscario ke Timnas U-22, membawa berkah bagi Achmad Iqbal Bachtiar. Betapa tidak, kiper ketiga Semen Padang FC dipastikan merasakan atmosfer Shopee Liga1-2019 kala menjamu Persebaya, Minggu (28/7) mendatang.

“Sangat senang bisa merasakan bermain di kasta tertinggi Liga Indonesia. Meski melalui bangku cadangan, tapi kesempatan ini tidak boleh disia-siakan,” ungkap kiper yang akrab disapa Ambon itu kepada Rakyat Sumbar usai latihan di lapangan mes Indarung, Rabu (24/7).

Bergabung pada musim Liga2-2018 yang lalu, Iqbal memang jarang mendapatkan kesempatan bermain di laga resmi kompetisi Liga 2 musim 2018. Ia berada di bawah bayang-bayang kiper utama Rendy Oscario dan pelapisnya Guntur Pranata.

“Sebagai kiper, mendapatkan posisi utama memang cukup sulit. Makanya sekecil apapun kesempatan harus dimanfaatkan,” ujar pemain bernomor punggung 24.

Iqbal bukanlah kiper sembarangan. Ia pernah merasakan kompetisi sepakbola luar negeri selama 2 musim. Memperkuat Frenz United di liga internasional pada 2012-2014. Atas penampilan gemilangnya, tahun 2013, ia dipanggil Timnas U-16 untuk berlaga di AFC Cup.

Petualangannya berlanjut di PON Remaja tahun 2014. Memperkuat tim Jawa Timur, Iqbal tampil sebagai kiper utama dan meraih medali emas.

“Semen Padang bukan klub baru bagi saya. Sebelumnya di 2017, saya pernah seleksi untuk tim U-21. Karena regulasi yang membatasi usia kelahiran 1999, saya pindah ke klub liga 2 Madura FC. Semusim sebagai starter di sana, saya kembali ke sini untuk membantu Semen Padang berlaga di Liga 2-2018,” jelasnya.

Selama membela Semen Padang, Iqbal baru sekali merasakan bermain pertandingan resmi. Bermain sebagai kiper utama di Piala Presiden 2019 menghadapi Mitra Kukar, Iqbal berhasil membawa Semen Padang menang 2 gol tanpa kebobolan.

“Sangat senang menjadi starter. Apalagi bisa membawa kemenangan bagi tim dan tidak kebobolan. Saya bertekad akan selalu mengasah kemampuan. Karena baik Teja maupun Rendy punya peluang di Timnas. Dan itu juga merupakan peluang bagi saya untuk posisi utama,” tutupnya.

Pelatih kiper Semen Padang FC, Zulkarnain Zakaria menyambut positif dipanggilnya Rendy Oscario. Hal ini menandakan bahwa Semen Padang FC masih diperhitungkan oleh jajaran pelatih Timnas Indonesia.

“Kemarin Teja dipanggil dan sekarang Rendy. Saya sangat senang dan bangga. Saya berharap Rendy bisa meraih satu tempat di timnas,” ungkapnya.

Pria berdarah Aceh ini mengaku, ketiga anak asuhnya memiliki level yang sama. Hanya jam terbang yang membedakannya. Namun secara porsi latihan, tidak ada perbedaan kepada ketiganya.

“Saya selalu tekankan kepada Teja, Rendy dan Iqbal bahwa tidak ada istilah kiper utama dan cadangan. Siapa yang siap, dia yang main. Secara umur, mereka juga sebaya dan masih muda. Dengan komposisi ini sangat menguntungkan tim, karena memiliki proyeksi jangka panjang,” tutup pemilik nomor 21 saat membela Semen Padang FC itu. (Edo)

Biodata Achmad Iqbal Bachtiar:

Nama Lengkap : Achmad Iqbal Bachtiar
Tempat dan tanggal lahir : Sidoarjo, 2 Mei 1998
Posisi : Kiper
Tinggi : 180 cm
Berat : 78 kg

Karir:

2012-2014 : Frenz United
2013 : Timnas U-16
2014 : PON Remaja
2017 : Semen Padang FC U-21
2017 : Madura FC
2018 – sekarang : Semen Padang FC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here